Selasa, 12 November 2013

“PENGANGGURAN YANG KIAN MEMBLUDAK



Umumnya pengangguran sering dikait-kaitkan dengan angkatan kerja dan lapangan pekerjaan yang tersedia, hal tersebut memang sangat wajar . bahkan tidak jauh berbeda dengan permasalahan kemiskinan, bahwasannya kemiskinan dan pengangguran menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena secara logika , banyaknya pengangguran menjadi salah satu penyebab timbulnya  tingkat kemiskinan.

Bayangkan saja pada setiap tahunnya banyak sekali angkatan kerja yang mencari lapangan pekerjaan, ironisnya lagi angkatan kerja tersebut masih di dominasi oleh lulusan SD dan SMP . Sedangkan yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan adalah mereka-mereka yang minimal memiliki pendidikan diploma 3,  kalau sudah seperti ini lalu bagaimana nasib calon pelamar yang hanya lulusan SD  maupun SMP?
Uniknya lagi ibukota yang sudah semakin sesak dengan segala macam carut-marut yang terjadi , masih ditambah pula dengan arus urbanisasi yang setiap tahunnya terus bertambah. Hal ini disebabkan warga desa yang ingin mengadu nasib dijakarta, bukan kah hal ini  akan menjadikan tugas pemerintah  menjadi semakin berat ?? 
   
Akan tetapi kita harus ingat bahwasannya  Pemerintah telah banyak melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hal ini, mulai dari mengadakan pelatihan kerja, memberikan pinjaman modal pada usaha kecil menengah, memberikan pendidikan gratis sampai jenjang SMA untuk sekolah negeri (walaupun hal ini baru terealisasi pada daerah Jakarta), mengajarkan berwiraswasta agar masyarakat dapat menciptakan lapangan kerja sendiri dan sebagainya, oleh karena itu dengan upaya-upaya yang dilakkan pemerintah diharapkan dapat mengatasi tingkat pengaguran yang terus bertambah setiap tahunnya.

o   Ket: kalaimat yang dicetak tebal menunjukan kalimat utama pada paragraph induktif, sedangkan kalimat yang diberi garis bawah menunjukan kalimat penjelas pada paragraph induktif            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar